Politik    Sosial    Budaya    Ekonomi    Wisata    Hiburan    Olahraga    Kuliner    Film   
Home » » Bedug Masjid Jami' Sirojuddin Ngroto

Bedug Masjid Jami' Sirojuddin Ngroto

Posted by CahNgroto.NET on Wednesday, February 2, 2011



Bedug Masjid Jami' Sirojuddin Ngroto

Benda berbentuk bulat lonjong dengan kedua sisi yang dilapisi dengan Kulit Kerbau/Sapi/Kambing ini terletak di pojok depan sebelah kanan & kiri bangunan Masjid Kuno/Asli.
Biasanya bedug ini dibunyikan dengan bermacam Variasi pukulan yang khas sebagai pertanda datangnnya waktu sholat sesaat sebelum Adzan berkumandang.
Selain itu,di Ngroto ada waktu2 unik untuk membunyikan bedug ini.
" Jidur "
- Membunyikan bedug ketika akan memasuki Bulan Romadhon/Syawal,biasanya satu hari sebelum Puasa/Lebaran.
untuk pertanda tengah malam di Bulan Romadhon biasanya bedug akan ditabuh terus menerus antara setengah sampai satu jam sebelum jam menunjukkan pukul oo.00 waktu istiwa'.
- Membunyikan bedug ketika akan memasuki waktu tepat tengah hari/malam.
Biasanya tepat pukul 12.00 waktu Istiwa' bedug ditabuh untuk pertanda tengah hari & pukul 00.00 waktu istiwa' untuk tengah malam.
- Membunyikan bedug sebagai pertanda akan dimulainya ritual pembacaan do'a " Sedekahan " di tanggal 12 Mulud & 27 Rajab ( Tradisi Muludan/Rejeban)
- Membunyikan bedug sesaat sebelum/setelah dilaksanakannya Sholat I'dul Fitri & I'dul Adha
- dll

Diriwayatkan dalam cerita tutur masyarakat Ngroto,pada zaman para wali suara dentuman irama bedug yang ditabuh di Masjid Ngroto bisa terdengar sampai kerajaan Kesultanan Demak Bintoro(+/- 30an Km)
Dua puluh tahunan yang lalu penulis sendiri pernah mendengar suara bedug khas Ngroto ini dari jarak sekitar 5-7 km (Tanggul Gubug - Pilang Wetan),
mungkin karena Masjid Ngroto yang terletak dipinggir sungai Tuntang & belum begitu banyak polusi mengakibatkan pantulan suara bisa jelas terdengar dari jarak yang lumayan jauh,,,Wallahu a'lam...

SHARE :
CNN Blogger

Post a Comment

 
Copyright © 2015 CahNgroto.NET. All Rights Reserved. Powered by Blogger
Template by Creating Website and CB Blogger