Politik    Sosial    Budaya    Ekonomi    Wisata    Hiburan    Olahraga    Kuliner    Film   
Home » » MEMAKNAI KEMBALI PUASA DAN KEMERDEKAAN

MEMAKNAI KEMBALI PUASA DAN KEMERDEKAAN

Posted by CahNgroto.NET on Thursday, August 18, 2011

Oleh: Ahmad Sidqi*
Hari proklamasi kemerdekaan RI 17 Agustus 1945 adalah hari bersejarah bagi bangsa dan negara kita. Negara Indonesia yang telah ada selama 66 tahun ini telah mendapatkan legitimasi sebagai negara yang sah dan merdeka. Sejarah mengungkapkan bahwa peristiwa proklamasi terjadi pada tanggal 9 Ramadhan 1366 H. Peristiwa yang bersejarah ini apabila kita maknawi secara substantif akan menemukan dua nilai yang terpenting. Pertama, kekuatan spiritualisme dari bangsa Indonesia. Kedua, kekuatan dalam rasa nasionalisme sebagai bentuk tali kebersamaan dalam berbangsa.
Kekuatan Spiritualisme dalam agama Islam yang menghantarkan sisi ketuhanan dalam agama. Dalam ajaran agama Islam, pada bulan Ramadhan seluruh umat muslim diwajibkan untuk berpuasa sebagai bentuk mengontrol, melawan hawa nafsu keduniawian. Hal ini difirmankan oleh Allah SWT yang berarti: ” Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa” (QS. Al Baqoroh [2]: 183). Momen perjuangan yang bertepatan dengan bulan puasa ini juga sebagai bentuk jihad melawan penjajah. Seruan untuk berjihad ini difirmankan oleh Allah SWT yang berarti: ” Dan hendaklah ada di antara kamu segolongan umat yang menyeru kepada kebajikan, menyuruh kepada yang ma'ruf dan mencegah dari yang munkar, merekalah orang-orang yang beruntung ” (QS. Al Imran [3]: 104).
Dua tafsir dari ayat suci tersebut disinergikan penuh serat makna dari momen perjuangan bangsa Indonesia. Yakni, bangsa Indonesia yang mayoritas memeluk agama Islam diserukan untuk berjihad melawan hawa nafsu sekaligus menegakkan amar ma’ruf nahi munkar. Tujuan dari puasa tidak lain untuk menjadikan umat Islam yang bertakwa.
Kekuatan rasa nasionalisme bangsa Indonesia hadir dari tekanan-tekanan imperalisme yang sudah mengeksploitasi sumber daya alam dan sumber daya manusia bangsa Indonesia. Tali ikatan persaudaraan sesama manusia Indonesia menjadi sebuah bangsa. Bangsa yang mengikat satu sama lain untuk melawan imperialis. Jihad secara fisik dituntut karena kesadaran bangsa Indonesia. Kesadaran bangsa Indonesia ada karena pengetahuan mereka secara empirik.
Rekonstruksi Pengamalan Kemerdekaan

Proklamasi yang bertepatan pada bulan Ramadhan 66 tahun yang lalu dan pada tahun ini kita akan merasakannya kembali Momen bersejarah ini perlu direfleksikan secara filosofis dan pengamalan terhadap aspek-aspek spiritual dan kebangsaan. Konteks sekarang ini makna kemerdekaan menjadi luntur. Kelunturan nilai-nilai kemerdekaan disebabkan spirit keagamaan yang mulai redup. Nilai kegamaan adalah sebuah idealisme dalam negara kita ini, sesuai dengan butir sila pertama dalam Pancasila. Ketika spirit keagamaan mulai luntur maka, akan berpengaruh pada prilaku keseharian bangsa Indonesia. Ha ini tergambar pada kondisi negara kita yang semakin carut-marut dalam permasalahan, seperti korupsi yang sudah mengakar.
Korupsi yang sudah merajalela ini membuat dampak yang krusial, baik itu secara materil dalam APBN atau APBD, yang membuat ketidakstabilan perekonomian internal negara. Kerugian lainnya tampak pada akhlak atau moralitas bangsa. Perlu kita cermati kembali dalam memaknai kata merdeka. Merdeka dalam arti tanpa penindasan, merdeka juga dalam arti menjadi manusia bertakwa.
Puasa yang kita lakukan dalam satu tahun sekali ini, bukan hanya menjadi ajang menahan lapar saja. Momen puasa yang dilakukan setiap tahun ini dimaknai secara hakiki bukan saja mendapatkan pahala dari puasa itu, akan tetapi juga akan bertransformasi nilai-kebaikan dalam agama untuk diri sendiri yang akan menular kepada bangsa dan negara kita. Dari puasa untuk kemerdekaan, dari kemerdekaan untuk bangsa.
* Penulis Adalah Mahasiswa Pascasarjana Fakultas Filsafat Universitas Gadjah Mada, Penggiat Islamic Transformative Dalam Komunitas Ganjuran Institute

SHARE :
CNN Blogger

Post a Comment

 
Copyright © 2015 CahNgroto.NET. All Rights Reserved. Powered by Blogger
Template by Creating Website and CB Blogger